-->

Diuji Kesabaran di Bulan Ramadhan


Lama nggak curhat soal jualan online. Mau curhat dulu, kali ada yang sama pernah ngalami bahkan sering.

Chat masuk dari konsumen, anggap aja namanya CTA!

CTA : Kak, berapa harga buku + ongkir (dia sebutin judul buku) ke ...?

Berhubung nomornya nggak ada di kontak atau nggak gue save, jadi pesan otomatis yang balas duluan.

Gue : Bisa kirim alamat lengkapnya, Kak?
CTA : (kirim data pesanan)
Gue : (ngasih tahu jumlah ongkir)
CTA : Jadi, 55rb semua ya, Kak? Pembayarannya, Kak, gimana?

Dikira total seluruh pembayaran coba, guys! Kan gue baru ngasih tahu biaya ongkir aje. Tahan emosi gue, karena inget pesan seseorang.

Gue : (Kirim invoice berikut norek).

CTA : Waduh, mahal ongkir dari pada bukunya. (Sambil emot ketawa gitu)

Gue kasih tahu panjang kali lebar kali tinggi, jadinya luas sampai jungkir balik, jari capek ngetik, dia bandingin sama ongkir tempat biasanya belanja online. Atuh, rumah gue sama tempat lu biasa pesan beda keles! (Tetap nahan emosi di chat sambil kirim emot senyum dong, gue)

Gue balas lagi, karena kadang gue nombok ongkir. Hitungan di apk ekspedisinya sama realita, kagak sama! Gue jarang bahkan nggak ambil keuntungan dari ongkir ekspedisi, paling cuma tambah ongkos gue ke tempat ekspedisi, itu pun cuma seribu, dua ribu! Nggak sebanding dengan apa yang gue keluarin!

CTA : Mahalan ongkir, dong! Yaudahlah, lain kali saya harus lebih hati-hati.

Duh, Maymunah! Lu, kalau emang biasa belanja online, jangan seenak jidat batalin pesanan yang udah dibuat invoice! (Pengen gue maki rasanya, tapi tadi pagi seseorang udah ingetin, jangan marah. Karena tahu, gue suka gedeg sama konsumen model beginian. Sabarkan hatiku, ya Rabb!

Gue : Kalau cuma mau tanya doang, harusnya bilang dari awal. (Sambil senyum manis)
CTA: Lah, saya kira 55rb itu sama ongkir wkwk

Jawabannya masih gitu, dikira sama ongkir. Coba, Marimar! Sebelum pesan, lu baca detail barang yang mau dipesan. Ini bukan cuma buku, aja. Tapi BARANG APA PUN, KALAU MAU PESAN, PASTIKAN BACA DENGAN JELAS DETAILNYA. JADI LU KAGAK KELIHATAN MALAS BANGET BACA. MAKANYA, BUDAYAKAN BACA! Heran princess, sejauh ini, pada malas baca. Padahal info sudah jelas banget. (Asap udah mulai ngebul nih, di ubun-ubun, tapi tetap kudu sabar)

Gue : Kagaklah. Masa uang bukunya nggak dicantumi
CTA : Yang saya heran itu, ongkirnya mahal. Tapi, yaudahlah. Ikhlas saya. Saya lagi kerja, besok saya transfer uangnya. (sambil emot ketawa gitu, dia. Astaghfirullah! Diuji kesabaran melalui konsumen di bulan Ramadhan)
Gue : Nggak usah, Kak. Daripada bukunya nggak dibaca. (Masih kasih emot senyum manis)
CTA : Bukan masalah itu, Kak. Masa ongkirnya 55ribu, gile bener, dah. Saya juga biasa beli di luar, tapi ongkir gak gitu-gitu amat.

Duh, sampai lebaran kuda juga lu yang dibahas ongkir mulu, dah!

Gue:  Yah, masa mau saya kurangi dan saya yang nombok. (masih gue ladeni dengan senyum manis) Kan Kakak biasanya beli di luar pulau paling. Kalau Kakak nggak rela ongkirnya, bilang saja, Kak. Atau kami yang mau nalangi seperti pemesan lainnya yang ribut masalah ongkir, Kak?

CTA : Yaudah, cancel aja.

Kalau dari awal nggak niat beli, coba kagak perlu sok tanya ongkir. Mana chatnya di luar jam kerja. Tengah malam. Jam 00 itu waktu gue tidur. Gue tidur juga curi-curi waktu karena dari sepertiga malam sampai malam lagi, gue ada kerjaan/agenda yang sudah terjadwal. Usaha gue ada jam kerjanya, dari jam 8-16. Kalau pengiriman bisa gue lempar dari sini ke rumah konsumen, nggak perlu bayar ongkir, dah. Esmoni princess, kan. Tapi kudu sabar.

Seperti di status profil wa gue,

الصبر هو أفضل علاج لأي مشكلة

Yang artinya, "Kesabaran adalah solusi dari masalah apa pun."

0 Response to "Diuji Kesabaran di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar