-->

Manfaat dan Efek Samping Buah Plum

Buah Plum/IDM


Usia saya sudah 25 tahun, tapi baru tahu yang namanya buah plum. Ibu saya menjelaskan manfaat buah plum dan akhirnya mencicipi buah tersebut. Rasanya manis dan asem, tapi seger makannya. Saya penasaran sama buah ini, akhirnya menemukan artikel tentang buah plum yang memang baik untuk kesehatan.

Seperti yang dilansir situs DokterSehat.Com – Buah plum adalah salah satu buah yang kurang populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat buah plum tak kalah hebat dengan buah lainnya dalam mengatasi berbagai penyakit. Fakta menunjukkan bahwa buah plum yang masih dekat dengan keluarga ceri dan kacang ini kaya akan antioksidan.

Buah plum adalah jenis tanaman yang masuk ke dalam genus Prunus dari famili Rosaceae meliputi persik, aprikot, dan nektarin. Buah ini memiliki berbagai variasi warna dan bentuk, lebih dari 2000 varietas.

Manfaat Buah Plum yang Bisa Didapatkan Tubuh

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, buah plum adalah salah satu pilihan makanan sehat. Buah yang juga dikenal dengan nama buah prem ini mengandung fenol dan flavanoid serta vitamin dan mineral.

Agar dapat merasakan manfaat buah plum untuk kesehatan, disarankan untuk mengonsumsi buah plum secara teratur dan porsinya tidak berlebihan.

Nah, berikut adalah manfaat buah plum yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Menyembuhkan obesitas
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah plum merah untuk diet dapat membantu melawan sindrom metabolisme karena adanya senyawa bioaktif. Ekstraksi buah plum adalah rahasia pengobatan obesitas dan komplikasi lainnya yang masih berkaitan dengan kelebihan berat badan.

Flavanoid dan fenol yang ada di dalam buah plum juga hadir sebagai pencegah obesitas. Manfaat buah plum untuk diet pada akhirnya juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh penderita kelebihan berat badan.

2. Mengontrol diabetes
Meskipun kaya akan karbohidrat, buah plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setelah dimakan. Hal ini dikarenakan khasiat buah plum yang mampu meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang memainkan peranan penting dalam pengaturan kadar gula darah. Flavonoid yang ada pada plum memiliki efek protektif terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Sebagai tambahan, kandungan fiber juga menjadikan manfaat buah plum untuk diabetes semakin terasa. Fiber memperlambat penyerapan karbohidrat setelah makan, menyebabkan gula darah meningkat perlahan tidak mendadak.

3. Menjaga kadar gula darah
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah plum adalah untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung. Sebuah penelitian mewajibkan subjek untuk mengonsumsi jus buah plum dan mengonsumsi 2 sampai 3 buah setiap pagi selama 8 minggu.

Subyek tersebut dibandingkan dengan kelompok lainnya yang mengonsumsi hanya segelas air putih dalam kondisi perut kosong. Penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang meminum jus buah plum setiap hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan demikian total kolesterol dalam tubuh.

4. Pencegahan osteoporosis
Manfaat buah plum kering ternyata mampu menjaga kesehatan tulang. Semua ini karena kandungan anabolik dan anti-resorptive untuk merawat tulang. Flavanoid seperti asam caffeic dan rutin membantu mencegah kemerosotan jaringan tulang dan mencegah berbagai penyakit seperti osteoporosis pada wanita yang telah mengalami menopause.

5. Melancarkan pencernaan
Mengonsumsi makanan kaya akan serat telah menjadi resep untuk melancarkan sistem pencernaan. Karena sumber fiber yang tinggi, khasiat buah plum tidak hanya sebatas menyembuhkan obesitas tetapi juga membantu melancarkan pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa khasiat buah plum dapat meregulasi saluran pencernaan karena kandungan kadar sorbitol dan isatin di dalamnya, sehingga penyakit seperti sembelit bisa terhindarkan.

6. Meningkatkan kemampuan kognitif
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa flavanoid pada buah plum sangat efektif memberi proteksi terhadap penuaan kemampuan kognitif seseorang. Karena kandungannya, khasiat buah plum kering bermanfaat untuk mengurangi peradangan di area neurologis, meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat.

Konsumsi buah plum secara teratur dan tidak berlebihan juga membantu mencegah gangguan neurodegeneratif yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat buah plum lain yang bisa didapatkan tubuh karena buah ini kaya akan vitamin C, yang membantu tubuh meningkatkan resistensi pada infeksi dan peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa buah plum juga mengandung nitric oxide yang dapat menghalang pertumbuhan sel tumor.

8. Melancarkan peredaran darah
Manfaat buah plum bisa Anda rasakan apabila menambahkan buah ini dalam menu harian adalah meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Nutrisi yang ada di dalamnya dipercaya mampu menjaga aliran darah di dalam arteri.

Pada akhirnya, khasiat buah plum merah yang bisa didapatkan adalah Anda bisa menghindari berbagai gangguan seperti stroke, jantung, hingga aterosklerosis. Selain itu, karena diperkaya dengan antioksidan, buah plum juga dapat membantu mencegah stres oksidatif pada organ tubuh.

9. Keseimbangan elektrolit tubuh
Kandungan tinggi potasium yang ditemukan pada buah plum efektif melindungi sel dan jaringan di tubuh. Manfaat buah plum lainnya adalah kemampuannya mengatur kontraksi otot dan menyeimbangkan berbagai zat kimia dalam tubuh, yang pada akhirnya menjaga keseimbangan elektrolit secara keseluruhan.

10. Membantu menyerap zat besi
Agar kandungan vitamin C dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh, maka mineral lain seperti zat besi juga harus diserap tubuh tanpa halangan, oleh karena itu Anda harus mengonsumsinya untuk mendapat khasiat buah plum.

11. Menjaga kondisi kulit
Khasiat buah plum lain yang bisa didapatkan adalah kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Buah plum memberikan nutrisi yang tepat karena kandungan vitamin dan mineralnya. Konsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan membuat kulit memproduksi kolagen dan menjaga tingkat keelastisannya.

12. Menangkal radikal bebas
Vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic, dan asam klorogenik, yang terdapat pada buah plum merah memiliki kualitas antioksidan yang efektif mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut superoxide anion radicals.

Selain itu, kandungan fenol dalam buah plum merah juga memperluas efek perlindungannya terhadap lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan oleh stres oksidatif.

13. Meningkatkan perkembangan janin
Ahli gizi merekomendasikan mengonsumsi setidaknya 2 – 3 porsi buah plum seminggu sekali selama kehamilan. Ini adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat buah plum untuk kesehatan. Ini sebabnya, ibu hamil harus menambahkan buah plum untuk diet pada menu harian.

Konsumsi buah plum secara teratur akan membuat janin semakin sehat dan mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit bawaan. Manfaat buah plum lainnya juga memperkuat tubuh Anda meningkatkan kondisi penglihatan dan tulang. Selain itu, karena diperkaya dengan antioksidan, khasiat buah plum dapat menangkal berbagai infeksi selama kehamilan.

14. Mencegah influenza
Manfaat buah plum yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya melawan virus influenza. Konsentrasi buah plum mengandung molekul seperti lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

15. Menjaga kesehatan psikologis
Banyak orang tidak menyangka bahwa buah plum merah memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan psikologis. Ahli gizi mengatakan bahwa, manfaat buah plum yang bisa didapatkan adalah mengurangi kecemasan dan stres, di mana kedua hal ini memainkan peran penting terkait kesehatan mental seseorang.

Cara Memilih dan Menyimpan Plum
Pilih buah plum merah dalam kondisi sedikit keputihan seperti bedak, ini menunjukkan tidak ada penanganan berlebihan. Hindari yang lunak dan memar. Buah plum yang matang dan siap untuk dimakan tidak begitu lunak dan memiliki aroma yang manis.

Plum bisa disimpan di kulkas. Sementara buah plum yang masih sedikit keras dapat disimpan dalam kantong kertas pada suhu kamar sampai matang. Buah plum dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari.

Efek Samping Plum

Selain manfaat buah plum yang menyehatkan, bukan tidak mungkin buah ini memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Berikut ini efek samping dari buah plum jika dikonsumsi berlebhan.

1. Bahaya akrilamida
Buah plum mengandung konsentrasi tinggi akrilamida, yang dianggap sebagai karsinogen dan neurotoxin. Akrilamida tidak secara alami ditemukan dalam makanan normal, kecuali jika dimasak pada suhu di atas 100 ° C.

Menurut FAO, Organisasi Pangan dan Pertanian, jumlah akrilamida yang diperlukan untuk menyebabkan kerusakan neuropati adalah sekitar 500 kali asupan makanan sehari-hari. Jadi, mengonsumsi buah plum relatif aman asalakan tidak berlebihan. Namun, karsinogenisitas menjadi perhatian karena buah plum ditemukan sangat karsinogenik pada hewan yang diuji di laboratorium.

2. Plum dapat menyebabkan diare
Serat tidak larut dalam buah plum dapat menyebabkan atau memperburuk diare. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menghindari buah plum ketika mengalami diare. Ada juga kasus-kasus tertentu dari orang-orang yang pernah mengalami diare setelah mengonsumsi plum dan jus plum. Ini dapat dikaitkan dengan sifat pencahar dari bua plum. Plum adalah obat pencahar alami karena mengandung senyawa pencahar yang disebut sorbitol. Jadi, dosis yang tidak diatur atau terlalu banyak makan buah ini dapat dengan mudah menyebabkan diare.

Beberapa sumber juga berbicara tentang intoleransi fruktosa makanan yang ditemukan pada banyak individu, yang juga dapat menyebabkan kram perut dan diare. Buah plum mengandung gula dalam jumlah besar, yang mungkin memicu masalah seperti itu.

3. Menambah berat badan
Satu porsi dari 6 buah plum yang belum dimasak atau diolah mengandung 137 kalori dan 22 gram gula. Satu porsi jus plum mengandung sekitar 185 kalori. Meskipun manfaat buah plum hitam untuk diet karena mengandung serat, mengonsumsi plum secara berlebihan dapat menyebabkan efek sebaliknya.

Plum juga memiliki beban glikemik yang tinggi (beberapa banyak makanan tertentu akan meningkatkan kadar glukosa seseorang setelah konsumsi). Ini berarti mengonsumsi plum dapat meningkatkan kadar gula darah lebih dari sebagian besar buah lain.

4. Menyebabkan gas usus dan kembung
Buah plum mengandung karbohidrat kompleks dan gula yang tidak sepenuhnya rusak di saluran pencernaan. Jadi, ketika gula mencapai usus besar, bakteri mulai memberi makan pada karbohidrat yang tidak dicerna.

Bakteri ini bertanggung jawab untuk gas usus dan kembung. Ini juga bisa menyebabkan kentut. Anda dapat mengonsumsi alpha-D-galactosidase sebelum makan plum karena mengurangi gas usus dengan memecah karbohidrat kompleks sebelum mereka mencapai usus.

5. Menyebabkan ketergantungan laksatif
Buah plum kebanyakan digunakan sebagai obat pencahar yang menjengkelkan. Namun, mereka yang menderita sembelit tidak harus bergantung pada plum sepenuhnya untuk membersihkan sistem pencernaan. Ini dapat menyebabkan ketergantungan pencahar setelah periode tertentu dari penggunaan, yang dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan komplikasi.

6. Dapat menyebabkan feses gelap
Plum kaya zat besi, seperti kebanyakan makanan kaya zat besi dapat menyebabkan feses atau kotoran berwarna gelap jika mengonsumsi flum dengan jumlah berlebihan.

Plum memang memiliki efek samping yang harus diwaspasdai, tetapi Anda masih bisa mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Jadi, berlebihan itu selalu tidak baik. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Sumber :
https://doktersehat.com/benarkah-buah-plum-dapat-menurunkan-berat-badan/amp/

0 Response to "Manfaat dan Efek Samping Buah Plum"

Posting Komentar