-->

Pelatihan Program Revitalisasi Perpustakaan Kabupaten Lampung Selatan Diadakan di Desa Bulok

Dok. Pribadi/Pujo (Perpusdes di Bulok)

Perpustakaan Krakatau Kabupaten Lampung Selatan mengadakan pelatihan program revitalisasi perpustakaan kecamatan dan desa di kabupaten Lampung Selatan dari tanggal 7 - 8 Agustus 2019. Adapun tema pelatihan ini yaitu : "Dengan Program Revitalisasi, Kita Tingkatkan Transformasi Pelayanan Perpustakaan Kecamatan dan Desa Berbasis Inklusi Sosial."

Pelatihan ini dihadiri oleh 30 orang yang terdiri dari 4 kecamatan dan 11 desa. Bukan hanya pengurus perpustakaan, pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Irma Dewi Meilinda (penulis Lampung) dan Umi Rahmawati (Duta Baca Lampung Selatan).

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Lampung Selatan yang baru dilantik pada tanggal 16 Juli 2019, sangat antusias dalam gerakan membaca khususnya kegiatan literasi di Lampung Selatan. Qori Nilwan berharap, dengan adanya pelatihan yang diadakan selama dua hari di Desa Bulok ini, bisa lebih semangat lagi dalam mengembangkan perpustakaannya, meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, serta bisa menjadi inspirasi desa-desa tetangga agar mau tergerak dalam membangun perpustakaan di desanya.

Bukan hanya itu, Septiana selaku Kepala Bidang Perpustakaan juga sangat antusias dan memiliki banyak harapan setelah diadakan kegiatan tersebut. Beliau menghimbau kepada peserta pelatihan agar sepulang dari pelatihan, apa saja ilmu yang didapat—bisa diimplementasikan di perpustakaan masing-masing.

Tidak hanya di dalam ruangan, pelatihan ini juga membawa kami ke alam terbuka, salah satu tempat yang cocok untuk foto-foto, kemah, kumpul keluarga dan acara lainnya. Tempatnya adalah di Bukit Pala, Desa Bulok (di atas Pantai Teluk Nipah Kalianda, Lampung Selatan).

Sebelum acara pindah lokasi, Umi Rahmawati selaku Duta Baca Lampung Selatan memiliki harapan besar dari seluruh peserta yang hadir.

"Harapannya, semoga dengan pelatihan ini, para pengelola perpustakaan desa dan kecamatan bisa mengembangkan perpustakaannya dan menjadikan ladang amal, serta bisa menginspirsasi desa-desa lain untuk memiliki perpustakaan dan taman baca, bahkan menggerakkan jiwa pemuda-pemudi ke ranah sosial untuk mengenalkan literasi ke masyarakat sekitar."

Menurut Umi, pelatihan revitalisasi perpustakaan desa dan kecamatan, sangat perlu dilakukan untuk memberikan kemajuan perubahan ide-ide dalam mengikuti perkembangan zaman yang tentunya akan berdampak pada peningkatan minat baca.

Berikut ini adalah penampakan Bukit Pala yang diambil dengan membelakangi Pantai Teluk Nipah.

Bukit Pala, Desa Bulok, Kec. Lamsel

Terkadang kita membutuhkan ruang terbuka untuk meliarkan imaji yang ada dalam pikiran dan mengeluarkan unek-unek dalam hati. Jika di dalam ruangan terlalu formal, maka di luar ruangan seperti inilah kita bebas berkreasi lebih luas. Dua hari di Desa Bulok dengan pejuang literasi di Lampung Selatan, mendapatkan ilmu dari teman-teman pustakawan, terutama dapat pelatihan khusus dari Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung.

Tempat terbuka seperti di Bukit Pala ini, bisa dijadikan sarana interaksi dan edukasi masyarakat untuk berkegiatan. Tidak heran jika berbagai tempat wisata, banyak yang memanfaatkan bukan hanya pariwisata untuk foto-foto saja, tapi juga sebagai sarana edukasi yang baik. [IDM]

0 Response to "Pelatihan Program Revitalisasi Perpustakaan Kabupaten Lampung Selatan Diadakan di Desa Bulok"

Posting Komentar