-->

Terus Berkarya dan Menginspirasi

Banyak orang yang mengatakan ingin jadi penulis, tetapi tidak banyak yang benar-benar mengasah kemampuannya dalam menulis. Padahal, menulis itu menurutku mudah, hanya saja kita memang perlu mengetahui bagaimana teknik dalam kepenulisannya. Menulis buku fiksi dan non-fiksi pun tentu ada perbedaannya; dari segi bahasa dan teknis lainnya.


Yang perlu ditekankan oleh penulis pemula adalah jangan pernah menulis karena uang, karena jika kamu tidak mendapatkan uang setelah terjun di dunia kepenulisan, maka otomatis kamu akan banting setir; merasa kamu tidak bakat dalam menulis. Coba kembali mengingat tujuan menulis sebelum memutuskan menjadi penulis. Penulis itu bukan profesi, tapi hobi dan bakat. Ya, meskipun ada yang menjadikannya sebagai profesi.


Dari ketiga buku ini, tidak ada satu pun yang bertujuan menulis karena uang. Semua aku tulis untuk mengungkapkan perasaan atau yang ada dalam pikiran dan bisa menginspirasi pembaca. Memang, semua pasti ujung-ujungnya mengarah pada komersil, tetapi jangan pula fokus pada pendapatannya; fokuslah dengan kebaikan yang kamu (penulis) tanamkan setiap karyanya. 


Perlu diketahui juga, menulis dengan menguasai tema adalah bisa memudahkan kita untuk menyelesaikan tulisan. Salah satu kendala tulisan tidak pernah selesai adalah karena mereka tidak menguasai tema yang ingin ditulis; terlalu memaksa untuk menuliskan sesuatu yang sama sekali tidak diketahui. Serta, kurangnya referensi pun menjadi alasan paling utama. So, kumpulkan referensi dengan banyak baca dan bertanya, mungkin ini bisa membantumu dalam menyelesaikan tulisan, selain harus membagi waktu dengan kerjaan lain agar tulisan bisa selesai sesuai target yang diinginkan.


Semangat dan jangan pernah lelah untuk berkarya dan menginspirasi.


Salam pena kreatif

@irmadewimeilinda


Fyi: buku Diary Dua Musim masih bisa dipesan ya, guys! Chat saja ke nomor 085841039319 untuk mendapatkannya. Terima kasih.

0 Response to "Terus Berkarya dan Menginspirasi"

Posting Komentar