-->

Memeluk Kaktus


Judul: Gehraiyaan
Tahun Rilis: 2022
Genre: Romantic, Drama
Produksi: Dharma Productions, Viacom18 Studios, Jouska Films
Sutradara: Shakun Batra
Pemeran: Deepika Padukone, Siddhant Chaturvedi, Ananya Panday, Dhairya Karwa

Review by Irma Dewi Meilinda

Bagi anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya. Sosok pelindung dan menenangkan di kala hatinya terluka. Namun, berbeda apabila orang yang dianggap akan menjaga hatinya, menjadi pelipur lara, seseorang yang diharapkan menjadi super hero layaknya lakon yang ditonton di layar tv, justru malah menjadi kaktus yang menusuk tubuhnya. Pelukan yang diberikan bukannya menenangkan, justru malah menyakitkan. Dia seakan kehilangan figur ayah dalam hidupnya.

Kemudian dia bertemu dengan seorang laki-laki yang diharap bisa mengobati setiap luka yang didapat, tetapi semua tidak berjalan seperti yang diinginkan. Hatinya masih kosong. Penglihatannya masih gelap. Pikirannya masih saja bertengkar pada hal-hal yang entah dia sendiri saja masih dilema.


Kita tidak bisa mengontrol ke mana arah jalan hidup, hanya harus menyesuaikannya saja. [Karan]

Pengalaman hidup mengajarkan kita banyak hal untuk terus berbenah. Hanya perlu berdamai dengan diri sendiri dan keadaan agar bisa menenangkan sejenak. Kita perlu mengendalikan diri dari pikiran yang membuat hati bergejolak. Jangan biarkan hati dan pikiran bertengkar terus menerus karena masa lalu yang membuatmu terpuruk. Tidak ada yang bisa menolongmu dari rasa cemas dan ketakutan berlebih selain diri sendiri. Obat penenang hanya memberikan ketenangan sesaat. Sebab sampai kapan pun, kita tidak akan pernah bisa mengubah masa lalu, hanya perlu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jangan siksa dirimu terus menerus terjebak dengan masa lalu.

Di luar dari sisi negatif dari film ini, banyak pesan moral positif yang bisa kita ambil hikmahnya. Ambil yang baik, buang yang buruk.

Ini film India ke sekian kalinya tentang kisah romantika keluarga, khususnya tentang anak dan ayah, serta perjalanan cinta seseorang yang buat aku nangis. Siapa yang ngiris bawang di sini, sih?

Film ini tidak direkomendasikan untuk ditonton anak-anak yang belum cukup umur, bahkan remaja karena pakaian yang terbuka dan juga pergaulan bebas. Aku sarankan film Gehraiyaan ini hanya ditonton oleh orang-orang yang sudah bisa memilih dan memilah bagian mana yang harus dijadikan tuntunan. Untuk orang tua, semoga film ini bisa menjadi referensi agar lebih ekstra lagi dalam menjaga anak-anaknya. Semoga bisa diambil pelajaran bahwa tinggal bersama dengan pasangan kalau belum menikah, tidak dibenarkan. Untuk sebuah kejujuran, sepahit apa pun kebenaran, katakanlah kalau memang harus dikatakan. Namun, apabila akan menyakiti, mungkin menyembunyikannya lebih baik.

Sinopsis Singkat

Pembuatan film Gehraiyaan dimulai sejak September 2020 dan selesai pada Agustus 2021. Kemudian teaser atau trailer filmnya resmi dirilis pada tanggal 20 Desember 2021. Film yang ditayangkan perdana di Amazon Prime Video pada tanggal 11 Februari 2022 ini mengisahkan seorang instruktur yoga berusia 30 tahun yang tinggal bersama pacarnya; Karan (Dhairya Karwa) di Mumbai. Alisha merasa tidak dicintai, tidak diperhatikan, tidak dihargai, dan tidak mendapat dukungan. Alisha Khanna (Deepika Padukone), namanya.

Alisha mengenal Karan sejak dirinya kecil. Alisha merasa tidak dicintai, tidak diperhatikan, tidak dihargai, dan tidak pernah mendapatkan dukungan dari sang pacar. Alisha sedang mencoba untuk mendapatkan dana investor bagi pengembangan aplikasi yoga, tetapi sayangnya selalu gagal.

Sementara itu hubungannya dengan Karan selama enam tahun ini terasa berat. Hingga suatu hari, datanglah Tia (Ananya Panday) sepupunya yang kaya bersama tunangannya Zain (Siddhant Chaturvedi). Mereka datang menggunakan kapal pesiar yang mewah.

Selain itu, mereka juga datang dengan rencana besar untuk bisnis yang sedang digarap Zain. Kehidupan Alisha dan Tia sangat berbeda, bagaikan langit dan bumi. Hal tersebut membuat Alisha merasa semakin terpuruk. Apalagi hubungannya dengan sang ayah sangatlah renggang sejak kematian mamanya yang membuat dia harus meminum obat penenang. Kegalauan Alisha diketahui oleh Zain dan dimanfaatkan untuk menggoda Alisha. Alisha pun dengan mudah tergoda oleh rayuan Zain. Sementara Karan dan Tia sibuk bernostalgia, diam-diam Alisha dan Zain merajut nostalgianya sendiri.

Lampung, 31 Mei 2022

0 Response to "Memeluk Kaktus"

Posting Komentar