-->

Resensi Film Tanhaji: The Unsung Warrior (2020)


Tanhaji adalah film India yang diperankan oleh pasangan suami-istri yaitu Ajay Devgn dan Kajol. Dan yang membuat film ini semakin menarik adalah menghadirkan aktor ternama; Saif Ali Khan yang berperan sebagai Udaybhan. Saif Ali Khan dalam perannya, ingin menghancurkan kerajaan Maratha/Swaraj tapi upaya Sang Panglima—Tanhaji—diperankan oleh Ajay Devgn berusaha menggagalkan misi Ubay tersebut.

Baiklah, langsung saja kita simak sinopsis dari cerita Film Tanhaji yang mengundang banyak bawang merah dan cabai.

Sinopsis

Film ini dimulai dengan adegan Tanhaji Malusare muda yang belajar bertarung pedang dengan ayahnya. Lalu, diperlihatkan pesan yang sangat penting bahwa alat seseorang harus digunakan ketika dhal atau tameng Tanhaji memiliki tepi yang tajam. Setelah mempelajari pertarungan pedang tersebut, gejolak ingin merebut Kondhana demi tanah air, muncul dalam diri Tanhaji.

Pada akhir di abad ke-17, Kaisar Mughal yang bernama Aurangzeb (Luke Kenny) menyatakan benteng strategis Kondhana sebagai ibu kota India Selatan yang mana Aurangzeb berencana untuk dapat memperluas kerajaan Mughal menuju India Selatan.

Kita juga disuguhi sinematoghrapy yang cantik pada pembukaan cerita. Pertarungan Tanhaji (Ajay Devgn) dengan musuh-musuhnya di antara bukit-bukit tinggi divisualkan dengan menarik. Pengenalan karakter Tanhaji di eksekusi dengan baik oleh sutradara.

Selanjutnya, adegan beralih ke kerajaan Mughal, terjadi pengkhianatan dari sekelompok orang untuk membunuh Raja Aurangzeb. Prajurit yang ksatria Udaybhan berhasil menyelamatkan Aurangzeb. Pengenalan karakter Uday pun tepat sasaran hingga Aurangzeb menunjuk Udaybhan Singh Rathod—seorang Rajput—untuk menjadi Killedar atau penjaga benteng Kondhana dalam melawan kerajaan-kerajaan India. Misinya Mughal harus menguasai India dan menjadi kerajaan terbesar.

Sementara Shivaji Maharaj bersiap untuk mengambil kembali Kondhana. Tanhaji Malusare tidak menyadari situasi datang ke Rajgad; mengundang Maharaj untuk putranya, pernikahan Raiba. Tapi pada akhirnya, ia mengetahui niat berbahaya dari sesama menteri di dewan Maharaj.

Adegan berikutnya penonton diberi jeda untuk bersantai dengan drama keluarga Tanhaji dan istrinya, Savitri yang diperankan oleh Kajol. Mereka akan menikahkan putra mereka. Jasa Tanhaji yang begitu besar pada kerajaan Maratha inilah yang membuat Raja Shivaji meminta agar Tanhaji tidak diberitahu tentang misi perlawanan Maratha pada Udaybhan yang akan menyerang Maratha. Namun, pada akhirnya Tanhaji mendengar kabar dan marah pada Shivaji.

Setelah perencanaan yang matang, Tanhaji Malusare memilih membatalkan pernikahan anaknya dan memutuskan untuk menyerang Udaybhan sebelum ia dapat mencapai Kondhana. Upaya itu gagal dan Udaybhan bersama dengan Naagin, sebuah kanon panjang fiksi mencapai Kondhana. Maka dimulailah pertempuran Tanhaji Malusare yang sebenarnya untuk pengintaian benteng Kondhana. Setelah membawa 300 mavalas bersamanya, ia memanjat benteng Kondhana dan Suryaji Malusare (saudara Tanhaji Malusare) dan Shelar Mama (paman Tanhaji Malusare) bersama dengan 400 mavalas menunggu di Kalyan Darwaza.

Selanjutnya penonton akan diperlihatkan perlehatan antara Tanhaji dan Uday yang licik tapi cerdas, tercatat beberapa kali Tanhaji kalah siasat. Penonton akan diberi penjelasan mengapa Uday begitu jahat. Uday selalu membawa perempuan yang diikat rantai ke manapun ia pergi. Perempuan itu ternyata putri Kamla Devi (Neha sharma) (cinta pertama Uday). Akan tetapi cintanya tidak bersatu karena peraturan Hindu tentang strata di mana putri raja tidak bisa menikahi prajurit biasa, walau Uday anak menteri tapi ibunya seorang wanita miskin.

Kamla menikah dengan raja lain. Sakit hati membuat Uday membunuh ibunya sendiri, karena menganggap ibunyalah penghalang cintanya. Perubahan sikap Uday yang menjadi kejam membuat Kamla membencinya. Uday mengasingkan diri ke kerajaan Mughal dan menjadi panglima kepercayaan Raja Aurangzeb. Ubay yang dendam, menyerang kerajaan suami Kamla dan membunuhnya.

Kembali lagi pada pertempuran antara Udaybhan dan Tanhaji. Sekelompok Marathas membuka Kalyan Darwaza dan Maratha bergegas ke benteng. Tanhaji Malusare dan mavalas masuk melalui Pune Darwaza dengan keberanian dan pertempuran dimulai dengan Udaybhan sendirian yang menghancurkan Maratha. Setelah pertempuran dan musik latar yang menggembirakan, duel antara Udaybhan dan Tanhaji dimulai.

Berhasilkah Tanhaji menyelamatkan rakyat Marataha dari serbuan dan meriam Udaybhan? Apakah Tanhaji bisa kembali ke Marataha untuk menikahkah putranya? Sang istri—Savitri—memenuhi janji kepada suaminya jika bisa merebut Kondhana dari Udaybhan?

Detail Film
Judul : Tanhaji (2020)
Judul Lain : Tanhaji: The Unsung Warrior
Genre : History, Biografi
Sutradara : Om Raut
Penulis Skenario : Prakash Kapadia
Produser : Ajay Devgn, Bhushan Kumar, Krishan Kumar
Sinematografi : Keiko Nakahara
Negara : India
Produksi : Ajay Devgn FFilms, AA Films, T-Series
Durasi : 2 jam 11 menit
Jadwal Tayang : 10 Januari 2020
Pemain Film Tanhaji:
  • Ajay Devgn berperan sebagai Tanaji Malusare
  • Saif Ali Khan berperan sebagai Udaybhan Singh Rathore
  • Kajol berperan sebagai Savitribai “Savitri” Malusare
  • Sharad Kelkar berperan sebagai Chhatrapati Shivaji Maharaj
  • Luke Kenny berperan sebagai Aurangzeb
  • Vipul Gupta berperan sebagai Jagat Singh
  • Padmavati Rao berperan sebagai Rajmata Jijabai
  • Shashank Shende berperan sebagai Shelaar Mama
  • Devdatta Nage berperan sebagai Suryaji Malusare
  • Neha Sharma berperan sebagai Kamla Devi
  • Ajinkya Deo berperan sebagai Chandraji Pisal
  • Yuri Suri berperan sebagai Mirza Raje Jai Singh
  • Jagannath Nivangune berperan sebagai Kaloji Malusare
  • Trisha Patil berperan sebagai Parvatibai “Parvati” Malusare
  • Hardik Sangani berperan sebagai Gondya
  • Nissar Khan berperan sebagai Beshak Khan
  • Prasanna Ketkar berperan sebagai Sarnaik
  • Kailash Waghmare berperan sebagai Chultiya
  • Harsh Sharma berperan sebagai Young Tanhaji
  • Ranav Sharma berperan sebagai Young Suryaji
  • Arush Nand berperan sebagai Raiba Malusare
  • Dhairyasheel Gholap berperan sebagai Shrubhau
  • Nilesha Lalwani berperan sebagai Tatya
  • Pramod More berperan sebagai Leader of Gondia
  • Bhagyashree Nhalve berperan sebagai Suryaji’s wife
  • Devendra Gaikwad berperan sebagai Raiba’s father-in-law
  • Rajesh Ahir berperan sebagai Raja Sangram Singh
Overall, film terbaru yang diperankan suami-istri (Ajay Devgn dan Kajol) ini mengingatkanku pada film-film peperangan sebelumnya; seperti Jodha-Akbar, Mahabrata, Mahaputra, dan lainnya. Dari film seperti inilah, sejak dulu aku mengamati dunia perpolitikan yang ada di negara sendiri.

Film yang dirilis pada awal tahun 2020 di India ini, membuka mata kita atas sebuah pengkhianatan dalam dunia perpolitikan yang sungguh luar biasa. Tidak kenal teman bahkan saudara. Musuh pun bisa jadi teman untuk bisa merebut kekuasaan.

Orang jujur dibungkam. Yang licik, masih merajalela. Katanya, pandemi covid yang terjadi ini membuat resah negara dan dunia menjadi tidak baik-baik saja. Padahal, selama kebenaran dibungkam, kekuasaan atau jabatan dielu-elukan, dunia tetaplah kacau. Apalagi korupsi di mana-mana.

Manipulasi data informasi apa pun, baik keuangan, kegiatan, dan apa saja yang bisa dimanipulasi agar mendapatkan kepuasan penguasa. Ini terus saja terjadi dari dulu hingga sekarang. Entahlah! Dunia selalu menjadi panggung sandiwara.

Well, film Tanhaji ini rekomen banget untuk teman-teman tonton. Kalian bisa tonton filmnya di youtube. Terima kasih sudah mampir di situs aku. Nantikan resensi film-film menarik lainnya.[IDM/PM]

0 Response to "Resensi Film Tanhaji: The Unsung Warrior (2020)"

Posting Komentar