-->

Allah Hapuskan Dosa Melalui Penyakit


Setiap harinya, kita pasti mendengar tentang musibah yang menimpa seseorang bahkan di berbagai daerah di dunia ini. Entah itu musibah bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, banjir, angin puting meliung atau musibah lainnya. Berbagai penyakit pun bermunculan dan menyerang seseorang. Namun, kita harus tetap berprasangka baik sama Allah, karena apa pun yang terjadi di dunia ini adalah kehendak-Nya. Ada hikmah pada setiap kejadian yang kita alami. Tinggal bagaimana kita menanggapinya.

Tahun 2019 lalu, Indonesia bahkan dunia digemparkan dengan temuan virus yang katanya bisa menyebabkan kematian. Namun di Indonesia sendiri, menyebarnya virus tersebut resmi diumumkan oleh presiden Joko Widodo sejak 2 Maret 2020. Virus yang diketahui berasal dari Kota Wuhan di China dan muncul pada Desember 2019 ini menurut WHO, orang yang terinfeksi virus ini memiliki gejala ringan seperti demam, batuk, dan kesulitan bernapas. Gejala dapat berkembang menjadi pneumonia berat.

Sejak adanya isu penyakit menular yang bernama corona inilah kehidupan masyarakat berubah drastis. Semua aktivitas dilakukan daring, kalau pun harus keluar rumah, masyarakat diminta untuk mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Jauh sebelum adanya corona, orang-orang yang memakai masker hanya untuk menghindari debu, tapi sejak adanya virus corona, kita dituntut untuk terbiasa menjadikan masker sebagai benda yang wajib dipakai setiap kali bertemu orang lain, selain anggota keluarga yang satu rumah.

Setiap kali ada tamu yang datang, seakan menjadi musuh yang harus diwaspadai, padahal belum tentu orang tersebut membawa penyakit, bahkan ciri-ciri gejala corona pun sudah ada pada penyakit lain seperti yang punya sakit lambung dan lainnya. Namun, sekarang semua selalui dikaitkan dengan isu corona.

Waspada! Iya! Kita memang harus waspada terhadap apa pun dan siapapun, tapi jangan sampai hal ini membuat mata hati menjadi mati dan tidak berprikemanusiaan. Krisis ekonomi pun terjadi, yang kaya semakin kaya dan yang keuangannya pas-pasan semakin menjerit di musim paceklik. Ketika sakit, cek ke dokter malah hal utama yang dicurigai adalah terdeteksi virus corona. Walau seseorang tersebut memiliki penyakit bawaan. Entahlah, logika seakan memiliki banyak pertanyaan tentang dunia yang semakin kacau. Cuma bisa mendoakan, semoga yang sakit lekas sembuh, termasuk dunia segera pulih.

Sebagaimana hadist riwayat Al Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571 di bawah ini.

"Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya, pasti Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya, sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya."

Semoga Allah menyadarkan kita untuk terus mendekatkan diri pada-Nya dan semoga melalui musibah yang terjadi, Allah angkat derajat kita, serta Allah hapus dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Note: artikel ini juga saya unggah di akun Opinia.

Lampung, 16 Januari 2022
Irma Dewi Meilinda

0 Response to "Allah Hapuskan Dosa Melalui Penyakit"

Posting Komentar